Minggu, 21 November 2010

Tomohon : Millions of Flowers Just for You (part 1)



Tomohon adalah sebuah kota wisata yang terkenal akan pesona bunga-bunganya. Terletak di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, kota Tomohon terletak di ketinggian 700-800 meter dari permukaan laut. Istilahnya Tomohon itu adalah puncaknya Manado.  Kota ini diapit oleh 2 gunung berapi aktif, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu menjadikan Tomohon kota yang sejuk. 

Sebagian besar, mata pencaharian penduduk kota ini adalah menanam bunga dan sayur-sayuran. Tetapi kota ini terkenal akan taman bunga dan aktivitas budidayanya. Di sepanjang jalan utama kota Tomohon terdapat deretan panjang toko penjual bunga.

Berjalan kaki di pagi hari sambil menikmati hamparan luas warna-warni dan semerbaknya bunga dapat memanjakan indera Anda.  Apalagi berlatar belakang Gunung Lokon, bila cuaca cerah tampak seperti hamparan bunga permadani di kaki gunung. Oleh karena itu, Tomohon dijuluki dengan Kota Bunga.

Top places to go in Tomohon
 Berikut adalah objek-objek wisata  dan kegiatan pariwisata yang wajib dikunjungi bila Anda pergi ke Tomohon.

 1. Festival Bunga Tomohon

Diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, yaitu bulan Juni dan Juli.  Festival tersebut meliputi pawai kendaraan dari masyarakat maupun instansi pemerintah berhiaskan bunga.  Selain itu juga ada Tournament of Flower yang diikuti 94 kota di Indonesia yang digelar di Bukit Inspirasi, Tomohon.  
Tanaman hias asli asal kota Tomohon adalah anggrek kepala (Phajus thankervillae). Bunga endemik Tomohon tersebut menarik perhatian ribuan pengunjung, termasuk Ibu Mufidah Jusuf Kalla, ketika digelar Tomohon Flower Festival 2008.

Selain Festival Bunga Tomohon,  setiap tanggal 17 Agustus, Tomohon mengadakan pawai marching band untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Permadani Bunga


Kontes Ratu Bunga

Parade Kendaraan Hias

Parade Kendaraan Hias


Marching Band 17 Agustus


 2. Gunung Lokon



Pemandangan Kawah Gunung Lokon


Terletak di sebelah barat dengan ketinggian 1.580 meter. Gunung berapi aktif yang luar biasa ini terakhir meletus pada bulan Oktober 2001. Menyajikan panorama pegunungan dengan kawah yang sangat indah.  Waktu yang tepat untuk memulai perjalanan dari Kakaskasen, Tomohon adalah sekitar jam 7 pagi, dan dapat tiba di kawah pada saat udara pagi masih sejuk.

Sumber:

Tidak ada komentar: